Jomblo Bukan Nasib Tapi Pilihan yang Tidak Kamu Sadari | selarik.com

Jomblo Bukan Nasib Tapi Pilihan yang Tidak Kamu Sadari

Terlepas stigma sosial yang menyudutkan para jomblo, keinginan setiap orang untuk memiliki pasangan hidup adalah hal yang normal. Status jomblo bahkan

Jomblo Bukan Nasib Tapi Pilihan yang Tidak Kamu Sadari
Ilustrasi. (Foto: WSJ)

SELARIK.COM, JAKARTA - Terlepas stigma sosial yang menyudutkan para jomblo, keinginan setiap orang untuk memiliki pasangan hidup adalah hal yang normal. Status jomblo bahkan menjadi sumber kecemasan bagi sebagian orang. Tak sedikit orang pula yang merasa takut menyendiri atau menjomblo terlalu lama.

Meski demikian, tidak semua orang seperti itu. Ada sebagian orang yang memilih untuk menjomblo dengan alasan-alasannya masing-masing. Pada kenyataannya, mencari pasangan yang tepat memang tak semudah menyenadakan pakaian yang kita pakai. Bahkan ada yang telah mencoba berkali-kali, tetapi tetap menemui kegagalan bahkan sampai akhirnya putus asa karena tak tahu di mana letak salahnya. Ujungnya adalah menyerah begitu saja dan mulai berpikir bahwa menjadi jomblo sejatinya adalah nasib.

Nah, untuk kalian yang mulai gundah gulana dengan status lajang kalian, kira-kira apa saja sih yang menjadi penyebab sampai saat ini kalian masih menjomblo, sebagaimana dilanasir HelloSehat?

1. Terlalu Menilai Rendah Diri Sendiri

Menurut psikolog klinis Lisa Firestone, terlalu keras mengkritik diri sendiri dapat menyebabkan seseorang menjoblo dalam waktu lama. Selalu berpikiran negatif, tentang kalian yang terlalu gemuk, terlalu tua, atau tak cukup pintar untuk si dia hanya akan membuat kalian menarik diri dari orang lain. Bisa jadi, inilah penyebab kalian tak kunjung mendapat pasangan tanpa kalian sadari.

Kalian mungkin berpikir bahwa orang yang menyukai kalian begitu naif sampai-sampai bisa menyukai, mengingat penampilan kalian yang "kalian pikir tak menarik". Padahal bisa saja, kalian lah yang terlalu merendahkan diri sendiri. Sangat mungkin bahwa si dia tak mempermasalahkan kekurangan kalian dan bisa menerima kalian apa adanya. Bisa pula dia menganggap apa yang kalian kira tak menarik adalah sebagai daya pikat kalian. Ini sangat mungkin terjadi.


2. Terlalu Muluk Menetapkan Standar Ideal

Menjomblo terlalu lama bukan hanya dirasakan oleh orang-orang yang kurang memiliki rasa percaya diri, tetapi mereka yang terlalu percaya diri dan enggan membuka diri pada orang yang kalian kategorikan tidak memenuhi kriteria pasangan ideal.

Orang dengan kepercayaan diri tinggi ini kerap menentukan standar yang terlalu muluk atau tak realistis dan akhirnya menjadi sangat-sangat pemilih saat mencari pasangan.

Sebagai contoh, ada orang yang sering langsung menolak secara mentah-mentah seseorang yang menyukainya karena tampilan fisiknya yang tak sesuai dengan standarnya. Orang itu pun memilih tidak memberikan kesempatan untuk mengenalnya lebih jauh. Padahal, ada kemungkinan ketika orang itu mengenal kepribadiannya lebih dalam justru dia merasa nyaman berbagi cerita dengannya.

Nah, penetapan standar muluk (terutama fisik), bisa jadi penyebab kalian masih melajang tanpa kalian sadari. Tidak mengabaikan penampilan fisik memang tidak salah, tapi perlu diingat bahwa masih ada kemungkinan hal lain dalam kepribadiannya, yang bisa menarik hati kalian ketika kalian memberikan kesempatan mengenalnya lebih dekat.


3. Mengharapkan Hubungan yang Sempurna

Jika kalian berpikir bahwa pasangan kalian haruslah orang yang bisa membuat selalu bahagia, kalian tentu tidak akan pernah menemukan sosok ini. Memang terdengar klise, karena kalian tak pernah bisa menggantungkan kebahagiaan kalian pada orang lain.

Pada kenyataannya memang tidak ada hubungan yang sempurna, juga pada mereka yang kalian pikir sempurna. Pasangan yang tampak bahagia juga mengalami pasang surut dan mereka pasti mengalami masa-masa sulit dalam usaha mencapai kebahagiaan bersama.

Jadi, persiapkanlah diri kalian untuk mengalami masa sulit dalam mengarungi sebuah hubungan, selain kebahagiaan tentunya. Kalian juga harus yakin dengan tujuan menjalin hubungan asmara atau berkomitmen dengan seseorang.


4. Terlalu Lama Menentukan Pilihan

Kalian mungkin tipe orang yang tidak mudah percaya dengan orang lain. Bisa pula, pengalaman pernah dikhianati di masa lalu membuat kalian butuh waktu lama untuk mengenal banyak orang, sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan.

Mengenal beberapa orang terlebih dulu memang menguntungkan karena membuat kalian terhindar dari pilihan yang salah. Akan tetapi, hal ini juga dapat menjadi penyebab kalian masih juga berakhir menjomblo.

Proses pendekatan dengan beberapa calon pasangan dalam satu waktu tentunya bisa melelahkan. Tak jarang, mereka yang menjalaninya justru kehilangan rasa antusias untuk mengenal setiap pasangan di tengah proses PDKT. Ujung-ujungnya malah tak memilih siapa pun atau sebaliknya, semua pilihan kalian yang menjauh.

Nah, untuk menghindari rasa jenuh selama PDKT dengan beberapa orang, cobalah untuk mengerucutkan pilihan kalian. Jika kaliaan berprinsip untuk menjalani komitmen yang serius, jangan membuang waktu untuk penjajakan dengan mereka yang hanya ingin menjalani hubungan santai. Tak masalah mengutarakan keinginan kalian sejelas mungkin di awal dan usahakan untuk bersikap tegas ketika kalian merasa tidak cocok. (Admin)

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,
ltr
item
selarik.com: Jomblo Bukan Nasib Tapi Pilihan yang Tidak Kamu Sadari
Jomblo Bukan Nasib Tapi Pilihan yang Tidak Kamu Sadari
Terlepas stigma sosial yang menyudutkan para jomblo, keinginan setiap orang untuk memiliki pasangan hidup adalah hal yang normal. Status jomblo bahkan
https://1.bp.blogspot.com/-4x0Bi-NTfEc/Xs1dCt_D0OI/AAAAAAAAEFY/6l_wgJ1En_gW7tqXcfudYzkHnXh4mPKMQCK4BGAsYHg/w640-h334/B3-DL752_BONDS0_750RV_20190318170147.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4x0Bi-NTfEc/Xs1dCt_D0OI/AAAAAAAAEFY/6l_wgJ1En_gW7tqXcfudYzkHnXh4mPKMQCK4BGAsYHg/s72-w640-c-h334/B3-DL752_BONDS0_750RV_20190318170147.jpg
selarik.com
https://www.selarik.com/2020/05/jomblo-bukan-nasib-tapi-pilihan-yang.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2020/05/jomblo-bukan-nasib-tapi-pilihan-yang.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy