Cepat Lelah Atau Butuh Energi Tambahan? Mungkin Sahabat Perlu Konsumsi Ini | selarik.com

Cepat Lelah Atau Butuh Energi Tambahan? Mungkin Sahabat Perlu Konsumsi Ini

Mengonsumsi makanan seimbang, cukup istirahat, dan rutin berolahraga memang dapat mempertahankan tingkat energi, namun ada kalanya itu semua tidak mencukupi kebutuhan energi Sahabat

Cepat Lelah Atau Butuh Energi Tambahan? Mungkin Sahabat Perlu Konsumsi Ini
Ilustrasi. Ada kalanya untuk mencukupi kebutuhan energi ketika melakukan pekerjaan yang lebih keras dari biasanya Sahabat membutuhkan suplemen. (FOTO:IST)

SELARIK.COM, JAKARTA - Mengonsumsi makanan seimbang, cukup istirahat, dan rutin berolahraga memang dapat mempertahankan tingkat energi, namun ada kalanya itu semua tidak mencukupi kebutuhan energi Sahabat ketika melakukan pekerjaan yang lebih keras dari biasanya.

Untuk mengatasi kebutuhan energi tersebut Sahabat bisa mengonsumsi suplemen penambah energi. Eits, tapi jangan sembarang mengonsumsi suplemen sebab kandungan masing-masing suplemen berbeda-beda. Sebagaimana dilansir HelloSehat.com Berikut ini merupakan berbagai jenis suplemen penambah energi yang bisa menjadi pertimbangan Sahabat, sesuai dengan jenis kandungan dan kegunaannya.

1. Coenzyme Q10 atau CoQ10

Coenzyme Q10 (CoQ10) merupakan enzim yang secara alami ada di dalam tubuh manusia, utamanya terdapat di jantung, hati, dan ginjal. Enzim ini merupakan antioksidan di dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan energi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Penurunan CoQ10 di dalam tubuh membuat tubuh tidak bisa memproduksi energi dan menyebabkan tubuh Sahabat kelelahan.

Oleh karena itu, suplemen yang mengandung CoQ10 dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang sedang merasa kelelahan dan ingin meningkatkan kembali energinya. Selain dalam bentuk suplemen, CoQ10 juga dapat ditemukan di ikan, daging, dan kacang-kacangan, meski jumlahnya tidak signifikan.

2. Vitamin B12

Seperti vitamin B lainnya, vitamin B12 dibutuhkan oleh tubuh untuk mengubah makanan yang Sahabat konsumsi menjadi energi. Sahabat akan merasa lelah bilah kekurangan vitamin ini. Kekurangan vitamin B12 bahkan bisa menyebabkan Sahabat anemia.

Untuk itu, suplemen yang mengandung vitamin B12 bisa menjadi salah satu suplemen penambah energi Sahabat. vitamin B12 juga bisa Sahabat temukan secara alami di berbagai protein hewani, seperti daging, ikan, dan produk susu.

3. Zat besi

Zat besi dibutuhkan tubuh dalam membentuk hemoglobin, yaitu protein di dalam sel darah merah yang berfungsi mengalirkan oksigen dari paru-paru ke seluruh organ dan jaringan di dalam tubuh. Bagi Sahabat yang mengalami kekurangan zat besi bisa mengalami anemia, ditandai dengan rasa kelelahan dan tubuh menjadi lemah.

Beberapa kelompok orang yang berisiko mengalami kekurangan zat besi dan anemia, yaitu ibu hamil dan menyusui, wanita yang sedang menstruasi, seorang vegetarian, dan orang yang rutin mendonorkan darahnya. Untuk itu, bila Sahabat termasuk dari kelompok tersebut maka Sahabat bisa memilih suplemen yang mengandung zat besi guna meningkatkan energi Anda.

4. Kreatin

Kreatin merupakan senyawa yang berfungsi sebagai sumber energi di dalam tubuh. Senyawa ini secara alami ditemukan di daging merah, unggas, dan makanan laut.

Berdasarkan Journal of the International Society of Sports Nutrition kreatin efektif dalam meningkatkan performa seseorang saat berolahraga dengan intentitas tinggi. Tak hanya itu, kreatin juga dapat digunakan dalam membantu pemulihan tubuh, mencegah cedera yang disebabkan olahraga, serta mengurangi risiko dehidrasi saat berolahraga.

Oleh karena itu, untuk membantu meningkatkan energi suplemen yang mengandung kreatin biasa dikonsumsi bagi yang rutin melakukan olahraga. Suplemen dengan kandungan kreatin dapat meningkatkan jumlah kreatin di dalam otot sehingga bisa membantuk kinerja Sahabat saat berolahraga.

5. Sitrulin

Sitrulin bekerja untuk meningkatkan jumlah nitrogen oksida di dalam tubuh. Nitrogen oksida ini berfungsi sebagai vasodilator yang meningkatkan sirkulasi darah, termasuk darah, oksigen, dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Keterbatasan nitrogen oksida dalam tubuh dapat membuat Sahabat kekurangan energi dan menjadi lemah. Oleh karena itu, sitrulin dapat menjadi pilihan sebagai suplemen penambah energi Sahabat.

6. Tirosin

Tirosin sendiri merupakan asam amino yang secara alami diproduksi oleh tubuh dan penting dalam memproduksi neurotransmiter, yang berfungsi mengirimkan pesan di otak. Neurotransmiter akan menurun seiring dengan aktivitas setiap orang sehingga dapat menurunkan konsentrasi dan tingkat energi.

Nah, Sahabat dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung tirosin untuk meningkatkan energi tubuh. Suplemen ini juga dapat membantu memulihkan memori pada orang yang kekurangan tidur.

7. Kafein dan L-theanine

Kafein banyak dikonsumsi untuk meningkatkan energi. Seperti yang sudah banyak diketahui, kafein biasanya dikonsumsi dalam bentuk kopi, teh, minuman coklat, minuman berenergi, dan soda. Meski demikian, banyak juga orang yang menghindari kafein karena dapat menyebabkan gelisah, gugup, dan cepat marah.

Sementara itu, L-theanine merupakan asam amino yang ditemukan secara alami di teh dan beberapa jamur. Senyawa ini bisa membantu tubuh lebih relaks tanpa menyebabkan rasa kantuk.

Oleh karena itu, suplemen yang mengandung kombinasi antara kafein dan L-theanine bisa digunakan untuk meningkatkan energi sekaligus menghilangkan efek samping dari kafein yang banyak dihindari orang.

8. Vitamin D

Seseorang yang kekurangan vitamin D dalam tubuh bisa merasakan kelelahan otot. Oleh karena itu, suplemen yang mengandung vitamin D bisa menjadi salah satu suplemen untuk meningkatkan energi tubuh Anda. (Admin)

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,Video,1,
ltr
item
selarik.com: Cepat Lelah Atau Butuh Energi Tambahan? Mungkin Sahabat Perlu Konsumsi Ini
Cepat Lelah Atau Butuh Energi Tambahan? Mungkin Sahabat Perlu Konsumsi Ini
Mengonsumsi makanan seimbang, cukup istirahat, dan rutin berolahraga memang dapat mempertahankan tingkat energi, namun ada kalanya itu semua tidak mencukupi kebutuhan energi Sahabat
https://1.bp.blogspot.com/-7BNsFJcc1n0/XojqPLTfYTI/AAAAAAAAD2c/gpkI2fhqJWA1X7zi9L8k7rkgKnhhGDaegCLcBGAsYHQ/s640/stamina.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7BNsFJcc1n0/XojqPLTfYTI/AAAAAAAAD2c/gpkI2fhqJWA1X7zi9L8k7rkgKnhhGDaegCLcBGAsYHQ/s72-c/stamina.jpg
selarik.com
https://www.selarik.com/2020/04/cepat-lelah-atau-butuh-energi-tambahan-sahabat-butuh-suplemen-ini.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2020/04/cepat-lelah-atau-butuh-energi-tambahan-sahabat-butuh-suplemen-ini.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy