Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Kunci Keberhasilan Merdeka Belajar | selarik.com

Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Kunci Keberhasilan Merdeka Belajar

Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah yang harus memastikan semua guru mendapat dan menerapkan hasil pelatihan.

Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Kunci Keberhasilan Merdeka Belajar www.selarik.com
Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah, menjadi kunci penting dalam memajukan sekolah di era Merdeka Belajar. (FOTO:IST)

SELARIK.COM, JAMBI – Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah, menjadi kunci penting dalam memajukan sekolah di era Merdeka Belajar. Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah yang harus memastikan semua guru mendapat dan menerapkan hasil pelatihan. Termasuk menyediakan kebutuhan pembelajaran aktif dan budaya baca, serta menciptakan keterbukaan, dan pelibatan masyarakat dalam peningkatan kualitas sekolah.

Bahkan pada libur sekolah untuk pencegahan penyebaran covid-19 seperti saat ini, kepala sekolah melibatkan guru dan orangtua siswa untuk bekerja sama sehingga siswa tetap terfasilitasi bisa belajar di rumah.

Demikian diutarakan Direktur Program PINTAR Tanoto Foundation, M Ari Widowati, dalam siaran persnya yang menunjukkan diterbitkannya Buku Praktik Baik Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dan Madrasah. Buku yang ditulis oleh para jurnalis nasional tersebut diterbitkan Tanoto Foundation yang bekerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenag, Selasa (17/03/2020).

Menurut Ari, isi buku ini memperlihatkan pentingnya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Kunci Perubahan Pembelajaran 

Sebelumnya pada tahun 2018, Tanoto Foundation melakukan pendataan awal yang dilakukan pada 28% sampel sekolah dan madrasah mitra Program PINTAR. "Datanya hanya 32% kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan pembelajaran. Hal itu berdampak pada rendahnya implementasi pembelajaran aktif yang hanya dilaksanakan 22% guru," kata Makinuddin Samin, Spesialis Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Tanoto Foundation.
Sekolah-sekolah diharapakan mendorong dilaksaanakannya busaya baca. (www.selarik.com)
Sekolah-sekolah diharapakan mendorong dilaksaanakannya busaya baca.
(FOTO:IST)

Sekolah juga menjadi kurang mendorong dilaksanakannya budaya baca, masyarakat tidak terlibat aktif dalam program sekolah, dan kurangnya transparansi keuangan yang membuat rendahnya kepercayaan masyarakat pada sekolah.

Untuk mendukung perubahan di sekolah dan madrasah, Tanoto Foundation melatih dan mendampingi para kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan pengawas dari 440 sekolah dan madrasah. Pelatihan dan pendampingan ini mendorong penerapan kepemimpinan pembelajaran dalam bingkai Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Mereka juga dilatih untuk konsisten menerapkan pembelajaran aktif dengan unsur Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi (MIKiR) dan mengembangkan program budaya baca.

Hasilnya, dari Aplikasi Pemantauan Sekolah (APS) diperoleh data 81,4% kepala sekolah dan madrasah telah menerapkan kepemimpinan pembelajaran, meningkat dari sebelumnya hanya 32%.

”Pembelajaran aktif yang sebelumnya hanya terjadi pada 22% sekolah, kini meningkat menjadi 63% sekolah telah menerapkannya. Siswa difasilitasi untuk lebih banyak melakukan kegiatan percobaan, pengamatan, mempresentasikan hasil karya, serta melakukan refleksi untuk perbaikan belajar. Model pebelajaran ini yang diharapkan Mas Menteri; di mana siswa didorong lebih aktif mengalami, melakukan, mengamati, dan menemukan,” kata Makin menambahkan.

Disebarkan melalui Buku

Ada 13 kepala sekolah yang diulas dalam buku terkait pengalaman melakukan perubahan pembelajaran. Seperti yang dilakukan oleh Rahmini, Kepala SMPN 3 Batang Hari, Jambi.

Beberapa inisiatif yang dia lakukan diantaranya membentuk paguyuban kelas dan 24 grup WhatsApp kelas. Menurut Rahmni, membangun komunikasi dengan orangtua siswa, merupakan cara jitu meningkatkan peran serta masyarakat dalam mendukung program sekolah.

Saung Literasi ntuk mendekatkan buku dengan anak. (www.selarik.com)
Saung Literasi ntuk mendekatkan buku dengan anak. (FOTO: IST)

“Kami juga membuat saung literasi di halaman sekolah dan pojok baca di masing-masing ruang kelas untuk mendekatkan buku dengan anak. Mengajak siswa ke toko buku untuk membeli buku bacaan, saya juga memastikan guru mengimplementasikan hasil pelatihan pembelajaran tersebut mendapatkan dukungan dari orangtua,” ujarnya.

Sementara itu, Laila Mumtaz, Ketua paguyuban kelas VII/8 mengatakan lewat keaktifan orangtua di forum WhatsApp tersebut bisa memantau perkembangan anak-anak mereka. “Apabila ada masalah kami bisa langsung bertanya pada wali kelas maupun wakil kepala sekolah,” kata Laila.

Perlu Disebarluaskan

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, mengapresiasi dukungan Tanoto Foundation yang melalui Program PINTAR telah melatih dan mendampingi para kepala sekolah, guru, dan komite sekolah untuk bersinergi meningkatkan kualitas pembelajaran. Dukungan ini sangat membantu pemerintah dalam mempercepat peningkatan kualitas pendidikan di tanah air.

“Saya merekomendasikan buku Praktik Baik Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah ini menjadi referensi bagi para kepala sekolah dalam mendorong terciptanya lebih banyak guru-guru penggerak, lebih besarnya partisipasi masyarakat, dan akhirnya lebih memampukan sekolah untuk siswa belajar lebih baik,” kata Supriano, Dirjen GTK Kemendikbud dalam pengantar buku.

Buku praktik baik Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah ini dapat diunduh secara bebas

Buku praktik baik Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah ini dapat diunduh secara bebas melalui link: http://bit.ly/KepemimpinanPembelajaran
[Admin]

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,Video,1,
ltr
item
selarik.com: Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Kunci Keberhasilan Merdeka Belajar
Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Kunci Keberhasilan Merdeka Belajar
Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah yang harus memastikan semua guru mendapat dan menerapkan hasil pelatihan.
https://1.bp.blogspot.com/-rb3vyrdXBV0/XnPJoy8gUvI/AAAAAAAADxo/6ZbLDaw5tzMN7ptlJ7FQA5wzXahvsDtLgCLcBGAsYHQ/s640/WhatsApp%2BImage%2B2020-03-18%2Bat%2B19.20.19%2B%25281%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-rb3vyrdXBV0/XnPJoy8gUvI/AAAAAAAADxo/6ZbLDaw5tzMN7ptlJ7FQA5wzXahvsDtLgCLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2020-03-18%2Bat%2B19.20.19%2B%25281%2529.jpeg
selarik.com
https://www.selarik.com/2020/03/kepemimpinan-pembelajaran-kepala.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2020/03/kepemimpinan-pembelajaran-kepala.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy