"Dumpet", Koin untuk Literasi dan Pembelajaran dari Program PINTAR | selarik.com

"Dumpet", Koin untuk Literasi dan Pembelajaran dari Program PINTAR

Prinsipnya kami mengajak siswa untuk menaruh uang kecil berupa koin atau dumpet dalam Bahasa Jambi di bekas galon air minum, dalam menjalankan program inipun tidak memaksa siswa, sehingga siswa merasa nyaman dengan hal ini

“Dumpet”, Koin untuk Literasi dan Pembelajaran dari Program PINTAR
Program GLS ini  memicu banyak sekolah lebih kreatif menempuh berbagai cara meningkatkan minat baca para siswa. (Foto/ Saiful Bahri)

Jambi -  Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015 tentang budi pekerti, terus digalakkan. Program GLS ini  memicu banyak sekolah lebih kreatif menempuh berbagai cara meningkatkan minat baca para siswa. Salah satunya di SDN 47 Kota Jambi.

Sekolah yang merupakan mitra Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) Tanoto Foundation melalui LPTK FKIP Universitas Jambi ini melakukan terobosan program dengan nama “Dumpet” yang singkatan dari DUit MPeng Empat Tujuh yang berarti koin kecil yang dikumpulkan dalam bekas galon air minum. Program ini bertujuan mengumpulkan koin dari siswa untuk menambah koleksi buku bacaan di pojok baca dan perpustakaan maupun kebutuhan pembelajaran lainnya.

Koin yang sudah terkumpul kemudian dihitung bersama-sama disaksikan orang tua siswa lalu disepakati untuk membeli apa, misalnya dibelanjakan buku bacaan. ”Prinsipnya kami mengajak siswa untuk menaruh uang kecil berupa koin atau dumpet dalam Bahasa Jambi di bekas galon air minum, dalam menjalankan program inipun tidak memaksa siswa, sehingga siswa merasa nyaman dengan hal ini,” ungkap pak Ansori, kepala SDN 47 Kota Jambi, Jum’at, (30/8/2019).

Program yang sudah berjalan selama dua tahun ini mendapatkan dukungan banyak pihak, terutama orang tua siswa, ”Kegiatan ini dari siswa oleh siswa dan kembali untuk siswa, seperti penyediaan buku non mata pelajaran alias buku bacaan yang ditempatkan di setiap sudut kelas, sehingga pemenuhan minat baca siswa yang tinggi terpenuhi dengan adanya program Dumpet tersebut,” jelasnya.

Pak Ansori menambahkan seminggu sekali, tepatnya setiap hari selasa, program Dumpet dijalankan, setiap siswa boleh mengisi dan tidak koin ke dalam bekas air galon tersebut, “tidak ada paksaan ya,” tegasnya.

Lalu, setelah akhir semester berakhir, pihak sekolah, orang tua dan siswa untuk bersama-sama menghitung koin tersebut untuk dibelanjakan buku bacaan yang sesuai bagi siswa.

Pada kesempatan praktik mengajar fasilitator daerah dan LPTK modul II di SD tersebut, Stuart Weston, Direktur Program Basic Education Tanoto Foundation menyampaikan apresiasinya terhadap program Dumpet tersebut, “Bagus ya, anak-anak diajak serta untuk mendukung program literasi dengan pembelian buku bacaan non mata pelajaran, apalagi didukung orang tua,” ungkapnya.

Pak Stuart juga tidak lupa untuk memasukkan uangnya ke dalam bekas galon yang berisi koin tersebut sebagai simbol mendukung program literasi di sekolah yang terletak di jalan RE Martadinata tersebut.

Karena keberhasilannya, program ini akan didiseminasikan ke sekolah-sekolah lainnya, “Ternyata asal ada musyawarah dan kesepakatan, semua bisa dilaksanakan dengan baik, yang terpenting tidak memaksa,” ujar pak Ansori memberikan resep suksesnya.

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,Video,1,
ltr
item
selarik.com: "Dumpet", Koin untuk Literasi dan Pembelajaran dari Program PINTAR
"Dumpet", Koin untuk Literasi dan Pembelajaran dari Program PINTAR
Prinsipnya kami mengajak siswa untuk menaruh uang kecil berupa koin atau dumpet dalam Bahasa Jambi di bekas galon air minum, dalam menjalankan program inipun tidak memaksa siswa, sehingga siswa merasa nyaman dengan hal ini
https://1.bp.blogspot.com/-bsMuQCBVrgI/XWtv0a_P6uI/AAAAAAAADmw/uuDn3IjfCagHsCaoUuikidzsXge8grEoQCLcBGAs/s640/WhatsApp%2BImage%2B2019-08-30%2Bat%2B17.44.36.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-bsMuQCBVrgI/XWtv0a_P6uI/AAAAAAAADmw/uuDn3IjfCagHsCaoUuikidzsXge8grEoQCLcBGAs/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2019-08-30%2Bat%2B17.44.36.jpeg
selarik.com
https://www.selarik.com/2019/09/dumpet-koin-untuk-literasi-dan.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2019/09/dumpet-koin-untuk-literasi-dan.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy