Ini Alasan Kenapa Belum Berhasil Memotivasi Diri Sendiri | selarik.com

Ini Alasan Kenapa Belum Berhasil Memotivasi Diri Sendiri

jika selama ini kalian selalu kesulitan menyemangati diri sendiri, mungkin alasan verikut yang menjadi penghalangnya

Problem Solving (IST)
Merasa frustasi, seolah berhadapan dengan jalan buntu saat menyelesaikan tugas atau pekerjaanmu. Kemudian, memilih berhenti sejenak untuk mencari inspirasi, namun bukannya inspirasi yang datang, justru berselancar di media sosial.

Sekali waktu hal tersebut lumrah dilakukan, tapi jika terbiasa menyerah tiap kali menemui kesulitan, kesuksesan sulit dicapai.

Pada dasarnya, motivasi yang paling ampuh datangnya itu dari diri sendiri. Namun demikian, tidak semua orang mampu memotivasi dirinya sendiri. Nah, jika selama ini kalian selalu kesulitan menyemangati diri sendiri, mungkin alasan verikut yang menjadi penghalangnya.


1. Selalu Memandang Rendah Kemampuan Diri Sendiri dengan Berbisik "Aku Tidak Bisa"

Terbiasa berpikir bahwa diri tidak bisa, tidak mampu, atau tidak sanggup tiap kali menemui kesulitan, sejatinya adalah membuang kesempatan untuk menjadi lebih baik.

Kebiasaan berpikiran negatif dan memandang rendah kemampuan sendiri ini juga memblokir kemampuan untuk memotivasi diri. Pada dasarnya, semakin kita melihat diri untuk mencari inspirasi, otak hanya memilih untuk melihat hal-hal yang negatif saja. Alhasil semangat justru menjadi semakin turun. Dibandingkan mencari-cari alasan mengapa kamu tidak bisa, coba mulai saat ini cari tahu terlebih dahulu mengapa kamu bisa.

2. Terbiasa Membayangkan Hasil Terburuk dari Tiap Situasi

Jika yang selalu tergambarkan di kepala adalah garis akhir atau finis kegagalan atau situasi yang buruk, wajar jika tidak muncul keinginan menyelesaikan pekerjaan. Meski tidak bisa menjadin hasil dari suatu usaha, gambaran positif akhir dengan kesuksesan membantu mendorong kita berlari lebih cepat untuk mengetahui hasil akhirnya.

Jika kerja kerasmu terbayarkan, itu menjadi saat yang sangat menyenangkan. Jikapun gagal, kita bisa lebih cepat memulai tantangan baru dengan bekal kebijaksanaan dari pengalaman sebelumnya.

3. Terlalu Ambisius Tentukan Target, Membuat Godaan Menyerah Akan Semakin Banyak

Jika kamu seringkali terlalu ambisius dalam menentukan target harianmu, bisa jadi kamu jarang melihat apapun terselesaikan. Kegagalan memenui target yang terlampau kompleks dan tidak realistis juastru akan merusak semangatmu sepanjang hari, mungkin juga peluang keberhasilanmu pada esok hari.

Dibandingkan memiliki serangkaian target besar dan kompleks, banyak orang yang meyakini bahwa memecah-mecah targetmu menjadi kecil dan lebih sederhana justru lebih baik. Karena dengan begitu, kamu bisa melihat hasilnya dalam waktu yang lebih singkat dan semakin cepat terinspirasi dari penyelesaian tiap target.

4. Mengerjakan Tugas Mendekati Tenggatnya, Membuat Kamu Bekerja Karena Terpaksa

Motivasi andalan remaja biasanya "The Power of Kepepet". Tetapi tahukah kalian, bahwa orang yang bekerja dengan motivasi tersebut kemungkinan besar kamu termasuk golongan yang susah memotivasi diri, sebagaimana dilansir hipwee.

Motivasi diri tidak hanya perkara menyelesaikan pekerjaan (mepet) pada waktunya, tapi juga kemampuan memacu diri untuk bergerak menyelesaikan tugas ketika diperlukan bukan ketika terpaksa.

Walaupun ampuh untuk menyelesaikan tugas, motivasi sistem kebut semalam tidak akan berguna untuk tugas-tugas sulit dan panjang yang tidak mungkin diselesaikan dalam waktu semalam, contohnya skripsi. Maka dari itu, bagi kamu yang tidak terbiasa mengerjakan sedikit demi sedikit tiap harinya seringkali menyerah menghadapi tugas seperti ini. Kalaupun selesai, pasti banyak penyesalan dan ketidakpuasan.


5. Saat Kamu Tidak Bijak dalam Memanfaatkan Waktu, Motivasi Juga Tak Akan Mendatangimu

Orang yang susah memotivasi diri biasanya memiliki kecenderungan untuk membuang-buang waktu. Jika kamu seringkali lupa waktu berselancar di dunia maya tanpa tujuan yang jelas, bagaimana kamu bisa mengingatkan dirimu sendiri untuk menyelesaikan targetmu di hari itu.

Walaupun orang lain pasti akan menegur kebiasaan burukmu ini, namun sejatinya hanya kamu sendiri yang benar-benar bisa mengontrol waktumu. Kamu akan bisa memotivasi diri jika pengaturan waktumu berputar sekitar kapan kamu memulai dan menyelesaikan tugasmu. Bukan berarti kamu tidak bisa istirahat, tapi ketika istirahat pun kamu tahu dengan jelas kapan mulai kembali mengerjakan.

6. Kecanduanmu Pada Media Sosial Juga Ternyata Tidak Baik Untuk Motivasi Diri

Tanpa memungkiri dampak positif media sosial dalam menghubungkan orang melewati batasan geografis dan waktu, ternyata menghabiskan waktu di media sosial memiliki dampak negatif terhadap kemampuanmu memotivasi diri. Kenapa? Aktif di media sosial memaksamu untuk jadi multi-tasker atau berusaha melakukan banyak hal sembari tetap chatting dengan teman-temanmu. Di samping kehilangan fokus, kamu juga akan semakin sulit menginspirasi diri sendiri jika terbiasa mengharapkan reaksi atau like teman-temanmu di Facebook.

7. Apakah Kamu Terbiasa Menunggu Kesempatan Emas Datang? Nah, Ini yang Jadi Alasan Motivasimu Sering Hilang

Menunggu kesempatan besar yang akan membawa kesuksesan dalam hidupmu adalah prinsip orang yang tidak bisa memotivasi dirinya sendiri. Jika terbiasa berpikiran tersebut, kamu pasti akan sering putus asa karena kesempatan itu tidak kunjung datang. Kesempatan itu hanya akan ada jika kamu gigih mencarinya. Bahkan jika sampai saat ini belum ketemu, orang yang lihai memotivasi dirinya mungkin sudah memikirkan berbagai ide baru untuk membuat kesempatan yang belum tercipta tersebut.

8. Kesulitan Memotivasi Diri Juga Bisa Datang Karena Kamu Enggan Mengakui Kesalahanmu Sendiri

Ketika terbiasa mengenali dan menunjuk kesalahan orang lain terlebih dahulu dalam tiap kemalangan, kamu tidak akan tahu bagaimana cara memperbaiki dan memotivasi dirimu untuk jadi lebih baik. Ada baiknya untuk melihat jauh ke dalam dirimu sendiri untuk mencari apa-apa yang bisa tingkatkan dari pribadimu. Jika tahu cacatmu, kamu juga akan tergugah untuk mencari cara untuk membenahinya.

Tidak terbatas pada kesalahan saja, jika kamu terus menggantungkan kesempatanmu untuk jadi lebih baik kepada orang lain, bahkan keberhasilan sekalipun bisa gagal menyemangatimu. Kamu tidak bisa mengontrol hujatan atau sanjungan orang lain, maka dari itu kamu juga tidak bisa menentukan kapan mereka akan memberimu motivasi. Karenanya, motivasi yang asalnya dari dalam dirimu adalah motivasi yang terbaik.

9. Selama Ini Kamu Terbiasa Menghibur Diri Dengan Pencapaian Macam Kerupuk. Bisa Memuaskan Sementara Waktu, Tapi Tetap Tidak Akan Mengenyangkanmu

Ketidakmampuanmu memotivasi diri mungkin berakar dari kebiasaanmu terpuaskan hanya dengan pencapaian kecil yang rasanya seperti kerupuk. Tidak mengenyangkan tapi membuat kamu terhibur dalam waktu yang singkat. Kemungkinan kamu harus bekerja keras menyelesaikan sebuah tugas yang sulit membuatmu takut atau malas.

Dibanding fokus mengerjakan dan menghadapi kesulitan-kesulitannya, kamu justru beralih ke hal-hal menyenangkan seperti YouTube atau Facebook. Alhasil pekerjaanmu selalu tertunda karena diselingi oleh kesenangan-kesenangan kecil tersebut. Selalu ingatlah, kebahagiaan menyelesaikan pekerjaan yang memang jadi tanggungjawabmu akan jauh lebih mengenyangkan dan bermakna dibanding rasa msg ala krupuk yang memabukkan.

10. Pikirkan Lagi. Apakah Kamu Sedang Benar-benar Mengejar Mimpimu? Jika Belum, Inilah Penyebab Mengapa Motivasi Tak Juga Kunjung Menghampirimu…

Di antara semua kebiasaan buruk yang selalu membuatmu gagal menyemangati diri ini, bisa jadi juga kamu salah memilih mimpi atau target yang tidak sepenuhnya milikmu. Pantas saja jika kamu terus-menerus merasa putus asa dan frustasi ketika sejatinya kamu benar-benar tidak menyukai pekerjaan dan mengerjakannya dengan terpaksa.

Bisa saja kamu berpura-pura yakin dengan pilihan itu karena bisa menyenangkan orang tua. Tapi kamu pasti akan lebih sering menemukan dirimu dalam keadaan patah semangat atau tidak puas seberapa baikpun kamu mengerjakan pekerjaan itu. Karena pada saat bersamaan kamu tahu ada hal lain yang bisa membuatmu lebih bahagia dan bersemangat.

Kamu sekarang tahu ‘kan mengapa selama ini kamu sulit sekali memotivasi diri untuk tidak menunda atau menyerah tiap menemui kesulitan? Gunakanlah pengetahuan tersebut untuk mencari jalan keluarmu dari kebiasaan yang tidak produktif ini.

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,Video,1,
ltr
item
selarik.com: Ini Alasan Kenapa Belum Berhasil Memotivasi Diri Sendiri
Ini Alasan Kenapa Belum Berhasil Memotivasi Diri Sendiri
jika selama ini kalian selalu kesulitan menyemangati diri sendiri, mungkin alasan verikut yang menjadi penghalangnya
https://3.bp.blogspot.com/-_uMhUhwZmtg/XAb4ADllzJI/AAAAAAAADRQ/4UfIqEVU-FsHjJc_BSz08Auym6DLfP49ACLcBGAs/s640/Children-Traveling-Alone.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-_uMhUhwZmtg/XAb4ADllzJI/AAAAAAAADRQ/4UfIqEVU-FsHjJc_BSz08Auym6DLfP49ACLcBGAs/s72-c/Children-Traveling-Alone.jpg
selarik.com
https://www.selarik.com/2018/12/ini-alasan-kenapa-belum-berhasil.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2018/12/ini-alasan-kenapa-belum-berhasil.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy