Mari Hilang-Tuntaskan Kemiskinan Perdesaan dengan Reforma Agraria | selarik.com

Mari Hilang-Tuntaskan Kemiskinan Perdesaan dengan Reforma Agraria

Program reforma agraria, lanjut Cak Imin, sangat dibutuhkan terutama terkait kemiskinan struktural yang tanpa solusi, di mana aset ekonomi yang dibutuhkan adalah tanah.

reforma agraria ini semestinya melampaui persoalan yang melilit masyarakat desa.
Reforma agraria ini semestinya melampaui persoalan yang melilit masyarakat desa. (Foto: IST)

SELARIK.COM
, JAKARTA 
- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menuturkan bahwa penyempurnaan gerak langkah antara PKB, Pemerintah, dan Legislatif sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan dan menghilang-tuntaskan kemiskinan di perdesaan.

Hal tersebut diutarakan pria yang akrab disapa Cak imin dalam sebuah diskusi yang bertema "Kemiskinan Perdesaan dan Reforma Agraria" yang diselenggarakan di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin 17 Juli 2017.

"Diskusi ini penting buat landasan pola pikir dan penyempurnaan langkah gerak PKB, pejabat pemerintah, legislatif, termasuk Presiden Jokowi sebagai bahan masukan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan menghilang-tuntaskan kemiskinan di perdesaan," tuturnya.

Program reforma agraria, lanjut Cak Imin, sangat dibutuhkan terutama terkait kemiskinan struktural yang tanpa solusi, di mana aset ekonomi yang dibutuhkan adalah tanah.

"Penyebabnya adalah ketidakmampuan masyarakat desa miskin memiliki aset alat produksi maupun modal bagi pelaksanaan ekonomi masyarakat desa," kaata Cak Imin.

Dia pun menegaskan bahwa reforma agraria memiliki nilai yang tinggi serta relevansi yang kuat. Tanah merupakan objek agraria yang menjadi perbincangan kita. Presiden kita, katanya, sudah menangani langsung terutama distribusi aset tanah bagi rakyat.

"Jumlah tanah yang telah didistribusikan dan diketahui mencapai 9 juta hektare (ha), di mana diharapkan 9 juta ha tersebut bisa memberi solusi bagi 4,5 juta kepala keluarga miskin," jelas Cak Imin.

Cak Imin juga berharap, diskusi tersebut dapat mengurai lebih detail apa yang bisa dilakukan pemerintah bagi rakyat miskin serta bisa menjadi langkah dan jalan keluar melalui keterlibatan pemerintah.  Meskipun dia juga tidak menampik bahwa kendala yang muncul masih cukup banyak.

"Salah satunya soal administrasi publik di daerah dan pusat terkait sertifikasi tanah menjadi kendala serius. Dari potensi 9 juta ha, saya berharap lahan yang memang dimiliki warga dapat lebih mudah disertifikasi. Sisanya, baru bisa segera disalurkan kepada warga miskin lain yang belum memiliki tanah," terangnya.

Harapan laiannya adalah bahwa narasumber yang hadir dalam diskusi tersebut juga mampu memberi masukan yang baik, terutama bagi pemerintah, khususnya Presiden Jokowi.

Seperti diketahui, tingkat kemiskinan tertinggi terjadi di sejumlah daerah, Jawaa Timur, Jawa Tengah, Papua Teritinggi, Papua Barat, NTT, Maluku, dan Gorontalo.

"Karena itu, kita sadar reforma agraria ini semestinya melampaui persoalan yang melilit masyarakat desa. Akan tetapi, semua itu masih jauh dari harapan, ada jutaan warga kita tetap miskin," jabarnya.

"Diskusi ini juga menjadi catatan penting bagi Presiden Jokowi sehingga bisa diwujudkan menjadi tujuan dan cita-cita yang menyejahterakan bangsa," tutup Cak Imin. (*)

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,Video,1,
ltr
item
selarik.com: Mari Hilang-Tuntaskan Kemiskinan Perdesaan dengan Reforma Agraria
Mari Hilang-Tuntaskan Kemiskinan Perdesaan dengan Reforma Agraria
Program reforma agraria, lanjut Cak Imin, sangat dibutuhkan terutama terkait kemiskinan struktural yang tanpa solusi, di mana aset ekonomi yang dibutuhkan adalah tanah.
https://2.bp.blogspot.com/-7ZhVfi6dO1Q/WW0y0KwFbHI/AAAAAAAABO0/svgyYTnPRsw5z4FoyIujg2bASkRCWJFZACLcBGAs/s640/b05bd3f3-2503-4b51-b71a-a181867f5d78.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-7ZhVfi6dO1Q/WW0y0KwFbHI/AAAAAAAABO0/svgyYTnPRsw5z4FoyIujg2bASkRCWJFZACLcBGAs/s72-c/b05bd3f3-2503-4b51-b71a-a181867f5d78.jpg
selarik.com
https://www.selarik.com/2017/07/mari-hilang-tuntaskan-kemiskinan.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2017/07/mari-hilang-tuntaskan-kemiskinan.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy