Infeksi Ransomware Menyebar Cepat ke Seluruh Dunia | selarik.com

Infeksi Ransomware Menyebar Cepat ke Seluruh Dunia

Berdasarkan laporan, infeksi sudah mencakup 74 negara, termasuk Inggris, AS, China, Rusia, Spanyol, Italia, dan Taiwan.

Berdasarkan laporan, infeksi sudah mencakup 74 negara, termasuk Inggris, AS, China, Rusia, Spanyol, Italia, dan Taiwan.
Webroot
Infeksi ransomeware nampaknya telah menyebar ke sejumalah organisasi di seluruh dunia. Berdasarkan laporan, infeksi sudah mencakup 74 negara, termasuk Inggris, AS, China, Rusia, Spanyol, Italia, dan Taiwan. Di ribuan lokasi yang tersebar di seluruh dunia itu, komputer yang terinfeksi telah terkunci sebuah program yang meminta tebusan sekira $300 di Bitcoin.

Peneliti keamanan siber pun mencoba mencari tahu insiden massal itu. Seorang peneliti kemanana siber menuturkan bahwa dia mendeteksi ribuan kasus ransomware, yang dikenal dengan sebutan "WannaCry" dan variannya yang berhubungan dengan nama itu.

"Ini sangat besar," kata Jakub Kroustek dari Avast.

Sementara itu, seseorang dari perusahaan keamanan siber Kaspersky, mengatakan bahwa uang tebusan terus terlihat meningkat dari 74 negara dan jumlahnya semakin bertambah.

Beberapa ahli yang memantau infeksi massal tersebut pun menghubungkan kejadian ini dengan kerentanan yang dilakukan oleh kelompok yang dikenal sebagai "The Shadow Brokers", yang baru-baru ini mengklaim telah membuang alat hacking yang dicurinya dari Badan Keamanan Nasional AS (NSA).

Sebuah patch untuk mengantisipasi kerentanan pun dirilis oleh Microsoft pada Maret, namun banyak sistem mungkin tidak menginstal pembaruan. Beberapa periset keamanan telah memperlihatkan bahwa infeksi tersebut tampaknya dilakukan melalui worm - sebuah program yang menyebar dengan sendirinya di antara komputer.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) tak luput dari wabah ransomware pada hari yang sama di mana capture gambar dari program "WannaCry" dibagikan oleh staf NHS. Sejumlah perusahaan Spanyol pun menjadi salah satu di antara korban  di Eropa.

Sementara itu, raksasa telekom, Telefonica, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka mengetahui adanya "insiden cybersecurity" namun klien dan layanannya tidak terpengaruh.

Perusahaan listrik Iberdrola dan penyedia utilitas Gas Natural juga dilaporkan terinfeksi ransomware. Ada laporan bahwa staf di perusahaan tersebut diberitahu untuk mematikan komputer mereka.

Screenshot dari "WannaCry" dengan teks dalam bahasa Spanyol juga dibagikan secara online.
Di Italia, satu pengguna berbagi gambar yang muncul untuk menunjukkan laboratorium komputer universitas dengan komputer yang terkunci oleh program yang sama.

Dompet Bitcoin yang tampaknya terkait dengan uang tebusan tersebut dilaporkan sudah mulai diisi dengan uang tunai.

"Menyebar Cepat"

Perusahaan lain yang mengonfirmasi telah terinfeksi adalah perusahaan pengiriman FedEx, meskipun tidak menjelaskan di wilayah mana ransomware menginfeksi.

"Seperti banyak perusahaan lainnya, FedEx mengalami gangguan dengan beberapa sistem berbasis Windows yang disebabkan oleh perangkat lunak perusak," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Kami menerapkan langkah remediasi secepat mungkin," lanjut pernyataan tersebut.

Portugal Telecom pun mengonfirmasi bahwa hal yang sama mereka alami: "Tapi tidak satu pun layanan kami terpengaruh," kata seorang juru bicara kepada kantor berita Reuters.

"Ini adalah serangan siber besar, memengaruhi organisasi di seluruh Eropa dalam skala yang belum pernah saya lihat sebelumnya," kata arsitek keamanan Kevin Beaumont.

Menurut perusahaan keamanan Check Point, versi ransomware yang muncul saat ini adalah varian baru.

"Meski begitu, ini menyebar dengan cepat," kata Aatish Pattni, kepala pencegahan ancaman di Eropa utara.

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,Video,1,
ltr
item
selarik.com: Infeksi Ransomware Menyebar Cepat ke Seluruh Dunia
Infeksi Ransomware Menyebar Cepat ke Seluruh Dunia
Berdasarkan laporan, infeksi sudah mencakup 74 negara, termasuk Inggris, AS, China, Rusia, Spanyol, Italia, dan Taiwan.
https://1.bp.blogspot.com/-draRQ3o15go/WRYGX1crg4I/AAAAAAAACnw/6T2eYS39x9QxSBgCh40zRbXoRBHqlr4mACLcB/s640/ransomware.png
https://1.bp.blogspot.com/-draRQ3o15go/WRYGX1crg4I/AAAAAAAACnw/6T2eYS39x9QxSBgCh40zRbXoRBHqlr4mACLcB/s72-c/ransomware.png
selarik.com
https://www.selarik.com/2017/05/infeksi-ransomware-menyebar-cepat-ke.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2017/05/infeksi-ransomware-menyebar-cepat-ke.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy