6.300 CPNS Guru Jadi Prioritas Kemendikbud Untuk Diangkat |ID | selarik.com

6.300 CPNS Guru Jadi Prioritas Kemendikbud Untuk Diangkat |ID

6.300 CPNS Guru Jadi Prioritas Kemendikbud Untuk Diangkat

Guru-guru yang diperioritaskan tersebut adalah guru-guru yang nantinya akan ditempatkan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).
Mendikbud Muhadjir Effendi /IST
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Dr Muhadjir Effendi di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat mengatakan bahwa pihaknya akan memprioritaskan pengangkatan 6.300 calon pegawai negeri sipil (CPNS) guru.

Guru-guru yang diperioritaskan tersebut adalah guru-guru yang nantinya akan ditempatkan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

"Memang ada pengangkatan guru untuk menjadi CPNS sebanyak 6.300 orang pada tahun ini, namun pengangkatan guru ini diprioritaskan untuk ditempatkan di daerah 3T, termasuk ada empat daerah 3T di Jawa Timur, yakni Kabupaten Bangkalan, Sampang, Situbondo, dan Bondowoso," katanya.

Hampir di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Malang, masih kekurangan tenaga guru. Namun tahun ini, lanjut Mendikbud, tidak ada pengangkatan guru di wilayah Kabupaten Malang maupun lainnya, selain di daerah 3T.

"Kalau Kabupaten Malang masuk daerah 3T, saya bisa dimarahi Pak Bupati. Sebenarnya tidak ada moratorium untuk tenaga pendidik, tetapi memang tidak ada kebijakan pengangkatan tenaga pendidik baru," ujarnya.

Muhadjir pun telah memiliki trik untuk mengatasi kekurangan tenaga pendidik tersebut, yaitu melalui Program Guru Keahlian Ganda di mana guru normatif dan adaptif akan dididik kembali dan dibekali kemampuan mata pelajaran produktif.

"Dengan cara ini, kebutuhan guru, terutama SMK bisa diatasi tanpa mengangkat guru. Ada sekitar 12.000 guru yang lulus pendidikan guru berkeahlian ganda pada tahun lalu. Dan, tahun ini ada 15.000 guru yang mendaftar program ini," jelasnya, yang juga menambahkan bahwa Kemendikbud telah menargetkan sekira 40.000 guru dengan keahlian ganda pada 2018.

"Ini berlaku untuk semua keahlian produkti, sehingga satu guru bisa mengajar beberapa mata pelajaran," sambungnya. (ant)

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,Video,1,
ltr
item
selarik.com: 6.300 CPNS Guru Jadi Prioritas Kemendikbud Untuk Diangkat |ID
6.300 CPNS Guru Jadi Prioritas Kemendikbud Untuk Diangkat |ID
6.300 CPNS Guru Jadi Prioritas Kemendikbud Untuk Diangkat
https://2.bp.blogspot.com/-bEGsUJ5u774/WPFtC9R4CEI/AAAAAAAAAS4/0xv4WfqnCoERp8JHABzwFmi7w5AF0mcjQCLcB/s640/mendikbud-muhadjir-effendy-tekankan-pentingnya-pendidikan-keluarga-Rz1XjCZSVj.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-bEGsUJ5u774/WPFtC9R4CEI/AAAAAAAAAS4/0xv4WfqnCoERp8JHABzwFmi7w5AF0mcjQCLcB/s72-c/mendikbud-muhadjir-effendy-tekankan-pentingnya-pendidikan-keluarga-Rz1XjCZSVj.jpg
selarik.com
https://www.selarik.com/2017/04/6300-cpns-guru-jadi-prioritas.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2017/04/6300-cpns-guru-jadi-prioritas.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy