Mau Bahagia, Ini 24 Caranya yang Teruji secara Ilmiah | selarik.com

Mau Bahagia, Ini 24 Caranya yang Teruji secara Ilmiah

Mau Bahagia, Ini 24 Caranya yang Teruji secara Ilmiah

Mau Bahagia, Ini 24 Caranya yang Teruji secara Ilmiah


Bagi sebagian orang kebahagiaan selalu mengalir dan berada di hidup mereka: Mereka sepertinya selalu tersenyum dan bersenang-senang, serta mampu mengesampingkan atau membuang emosi negatif juga membiarkan pengalaman buruk melalui punggung mereka begitu saja. Yup, itulah apa yang dilakukan oleh orang-orang yang nampak selalu bahagia.

Tapi, jika Anda berpikir Anda tidak mungkin pernah seperti mereka, Anda salah. Berbagai penelitian membuktikan bahwa Anda memiliki kekuatan untuk mengubah pandangan hidup Anda. Dan itu tidak sesulit yang dibayangkan. Salah satu caranya sangat senderhana, yakni selalu tersenyum. Baiklah, kita saya tidak akan berpanjang-lebar lagi, berikut 24 cara ilmiah yang terbukti dapat membuat kita bahagia.

Berolahraga
Ya, dengan berolah raga, darah Anda akan terpompa yang juga akan menyebarkan endorfin di seluruh tubuh Anda, sehingga menciptakan perasaan bahagia yang memerangi suasana hati yang buruk. Studi bahkan menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meringankan gejala depresi. Aktivitas fisik seperti lari, bersepeda dalam ruangan, yoga, atau menari, selama Anda berkeringat. Bahkan 20 sampai 30 menit berjalan kaki akan membantu meningkatkan kebahagiaan Anda.

Cobalah untuk Berlatih Yoga
Ketika Anda mulai melihat warna merah di langit, Anda sebaiknya meluangkan waktu sejenak untuk mengalirkan energi matahari dengan yoga. Sebab, yoga dapat membantu meringankan gejala depresi serta kecemasan. Yoga juga memungkinkan Anda untuk memperlambat dan fokus pada pernapasan Anda daripada kekhawatiran Anda, frustrasi, atau masalah lain.

Konsumsi Sayuran Hijau
Gelap, berdaun hijau seperti bayam dan kale kaya folat, menyediakan 33% dari tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA). Nutrisi ini dapat menurunkan mood negatif dan depresi karena membantu memproduksi dopamine di otak. Sebuah tudi pada 2012 menemukan bahwa orang berusia setengah baya yang mengonsumsi folat lebih banyak memiliki risiko lebih rendah akan gejala depresi dibandingkan mereka yang makan sedikit.

Cobalah Terapi Perilaku Kognitif
Terapi perilaku kognitif (CBT) merupakan salah satu cara pengobatan yang terbukti mampu menurunkan depresi dan gangguan kecemasan klinis, juga dapat membantu siapa saja yang hanya perlu belajar bagaimana untuk memerangi pikiran negatif. CBT membantu pasien mengenali dan kemudian membalikkan pola pikir berbahaya dengan menguji validitas mereka yang kemudian menggantinya dengan yang positif, membuat mereka lebih bahagia, sehat, dan dalam suasana hati yang lebih baik.
Mau Bahagia, Ini 24 Caranya yang Teruji secara Ilmiah

Membeli Bunga untuk Diri Sendiri
Sebuah tim peneliti Harvard menemukan bahwa dengan menempatkan bunga-bunga segar di rumah memiliki keajaiban dalam menjaga diri dari kecemasan dan suasana hati negatif. Orang dalam studi ini juga merasa lebih penyayang terhadap orang lain dan mereka merasakan dorongan energi dan antusiasme di tempat kerja.

Tersenyum
Meskipun Anda mungkin berpikir tersenyum sebagai reaksi terhadap perasaan senang, beberapa peneliti menyarankan bahwa tersenyum juga dapat menyebabkan sukacita. Dengan tersenyum, bahkan tersenyum tersebut dilakukan dengan terpaksa-mungkin membantu untuk mengaktifkan pusat kebahagiaan dalam otak Anda, yang kemudian akan menempatkan Anda dalam suasana hati yang lebih baik.

Menyalakan Kota Lampu
Terapi cahaya adalah pengobatan yang efektif untuk gangguan afektif musiman (SAD), namun para ahli sepakat bahwa kegiatan tersebut bekerja untuk mengobati gejala depresi besar. Merasa sedih? Anda dapat mengaktifkan kotak lampu selama 30 menit sampai satu jam ketika Anda sedang merasa terjatuh, tapi untuk merasakan efeknya secara penuh, Anda harus menggunakannya sebagai bagian dari rutinitas terapi setiap hari.

Buka Nuansa
Jika Anda tidak memiliki akses ke kotak cahaya, tindakan sederhana lainnya yaitu membiarkan sinar matahari masuk kke dalam ruangan bisa mencerahkan suasana hati Anda. Ketika Anda ruang kerja atau living area cerah, Anda cenderung merasa lebih bahagia juga.

Pergi ke Luar
Mulai merasa down? Pergilah ke luar untuk menyerap beberapa sinar matahari. Tubuh manusia memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari dan penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin lebih mungkin mengalami depresi, cemas, dan lelah. Maka melangkahlah di bawah sinar matahari selama 20 sampai 25 menit untuk meringankan suasana hati Anda secara alami.

Konsumsi Beberapa Jamur
Jamur merupakan salah satu sumber mengejutkan vitamin D. Sayuran lezat itu merupakan satu-satunya sumber vitamin D alami. Menurut peneliti, makanan yang mengandung vitamin D mampu meningkatkan serotonin di otak, yang mampu menempatkan Anda dalam suasana hati yang lebih baik. Sangat mudah untuk meningkatkan asupan vitamin D.

Cobalah Meditasi
Kabar baik: Meditasi terbukti menjadi penurun stres tanpa efek samping berbahaya. Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi memiliki manfaat berkisar dari pengurangan rasa sakit dan tekanan darah yang lebih rendah untuk meningkatkan libido. Bagian terbaik? Ia melepaskan "senang" zat kimia dalam otak-serotonin, dopamin, dan endorfin-yang semuanya bekerja sama untuk menempatkan Anda dalam mood yang lebih baik.

Mencium Aroma Jeruk
Mencium aroma seperti jeruk, dan lemon, menurut peneliti, mampu membawa keluar reaksi kimia positif dalam otak Anda serta bekerja untuk meringankan stres. Jika Anda ingin merasa terangkat, gunakan beberapa tetes minyak esensial jeruk pada titik-titik tekanan Anda. Anda juga dapat mencampur aroma dengan aroma bunga seperti melati untuk meningkatkan efek positif.

Makanan Berkarbohidrat sebagai Camilan Sore
Selama bertahun-tahun kita telah mendengar bahwa kita harus menghindari karbohidrat, tetapi dalam kenyataannya, diet rendah karbohidrat dapat membuat kita merasa sedih dan tertekan. Karbohidrat sebenarnya meningkatkan zat kimia meningkatkan suasana hati di otak. Tapi mari kita mendapatkan sesuatu langsung di sini-kami ingin fokus pada kesehatan. Jadi, karbohidrat yang dikonsumsi berupa makanan ringan sebaiknya bersumber dari gandum dan bukan karbohidrat olahan. Ketika Anda mulai merasa down, makanlah beberapa makanan ringan yang mengandung karbohidrat sebanyak 25 sampai 30 gram. Kira-kira tiga perempat cangkir.

Bermain dengan Hewan Peliharaan Anda
Memiliki anjing atau kucing dapat meningkatkan kualitas hidup Anda, sebab mereka bisa memberikan kegembiraan ketika melihat Anda pulang ke rumah atau sebaliknya. Ada sejumlah alasan mengapa hewan peliharaan meningkatkan kesehatan Anda, salah satunya mereka bisa membalik suasana hati yang buruk dan membuat Anda lebih bahagia dalam waktu singkat. Sebuah studi menemukan bahwa membelai hewan peliharaan dalam waktu 15 menit dapat melepaskan serotonin, prolaktin, dan oksitosin-yang semuanya meningkatkan hormon suasana hati, sambil menurunkan hormon stres kortisol.

Ambil Istirahat Singkat
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengambil istirahat cepat selama hari kerja mereka untuk menonton video lucu online mendapatkan hasil emosional yang tinggi dan laporan merasa lebih energik dan senang dengan emosi negatif yang lebih sedikit. Tidak hanya akan meningkatkan kesehatan mental Anda secara keseluruhan; ini adalah cara mudah untuk membalik suasana hati yang buruk dalam waktu kurang dari satu menit-plus, Anda bisa mendapatkan dorongan metabolisme, juga!

Tambahkan Kunyit ke Makanan Anda
Senyawa aktif dalam kunyit, kurkumin, memiliki kualitas antidepresan alami. Anda mungkin sudah menambahkan kunyit untuk makanan Anda karena manfaat kesehatan seluruh tubuh yang luas, seperti mengurangi efek dari rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dan kondisi peradangan lainnya, serta memerangi penyakit Alzheimer dan diabetes. Penelitian pada hewan juga telah dikaitkan, di mana kurkumin mampu meningkatkan serotonin dan dopamin, jadi bisa digunakan sebagai cara yang ampuh untuk meningkatkan mood Anda.

Mendengarkan Musik…
Pernahkah Anda mendengar lagu di radio dan Anda tetiba merasa lwbih baik? Atau telah Anda menyalakan CD lama hanya untuk menemukan banyak kenangan bahagia yang kembali mengalir? Nah, itulah karena fakta bahwa musik adalah booster-suasana hati. Dengan mendengarkan musik, dopamin akan terlepas sehingga secara kimia merasa-baik ke dalam sistem Anda dan membawa pada nostalgia.

... Dan bernyanyi bersama
Anda juga bisa mendapatkan bahagia dengan mendengarkan musik atau menyanyi. University of Manchester peneliti menemukan bahwa organ kecil di telinga bagian dalam (disebut sacculus) terhubung dengan bagian dari otak Anda yang mengolah kesenangan. Sacculus register mencatat frekuensi yang berkaitan dengan bernyanyi hampir seketika, memberikan Anda perasaan hangat. Jadi, baik menyanyi di kamar mandi, di dalam mobil, atau di tempat karaoke dapat meningkatkan kebahagiaan Anda.

Makan Coklat (ya!)
Mengonsumsi cokelat terbukti membuat kita lebih bahagia. Cokelat mengandung tryptophan, yang meningkatkan produksi serotonin di otak, yang menyebabkan suasana hati yang lebih baik. Trik ini juga bekerja dengan makanan lain yang mengandung tryptophan, seperti unggas dan telur.

Mau Bahagia, Ini 24 Caranya yang Teruji secara Ilmiah


Minum Kopi
Minuman peningkat energi di pagi hari ini berfungsi memangun suasana hati. Sebuah studi Harvard University menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya dua cangkir kopi secara teratur memiliki risiko 15% lebih rendah dari depresi jika dibandingkan wanita yang tidak meminumnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa minuman kopi mewah/sachet dapat memiliki banyak gula dan kalori tersembunyi, jadi yang terbaik adalah tetap dengan kopi hitam (dan beberapa susu skim).

Menghirup Teh Hijau
Teh hijau sudah menawarkan sebuah resume yang mengesankan dari manfaat kesehatan. Berkat polifenol yang dikandungnya, teh hijau membantu dengan penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme, serta menyediakan mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker tertentu, dan osteoporosis. Tapi untuk suasana hati Anda? Teh hijau telah terbukti mengurangi tingkat stres. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang minum lima atau lebih cangkir teh hijau per hari memiliki tingkat 20% lebih rendah dari stres dibanding mereka yang minum kurang dari satu.

Tetap Berhubungan dengan Orang Lain
Letakkan smartphone Anda lalu pergilah dari hadapan layar komputer Anda. Jika Anda ingin merasa lebih baik, pergilah untuk menemui teman atau keluarga. Sebuah studi dari University of North Carolina di Chapel Hill menemukan bahwa sentuhan manusia dapat melepaskan zat kimia baik dalam tubuh seperti serotonin, serta mengurangi tekanan darah dan detak jantung yang membuat Anda merasa lebih santai.

Mengonsumsi Lemak Sehat
Anda tahu bagaimana alpukat merupakan salah satu makanan yang paling menyenangkan untuk makan, dengan rasa yang kaya dan halus, tekstur dekaden? Sensasi tersebut menjadi booster-suasana hati tersendiri. Bukan hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan lemak alpukat juga menjadi alasan mengapa buah itu dapat memberikan suasana hati yang lebih baik pada kita.

Makan Lebih Banyak Salmon
Ikan berlemak seperti salmon merupakan tinggi omega-3 asam lemak, yang dapat membantu mencegah depresi (omega-3 juga hadir dalam alpukat dan kacang-kacangan, serta daging sapi yang diberi makan rumput, dan ayam). Hal ini karena mereka membantu mempertahankan fungsi otak di daerah yang mengatur suasana hati dan emosi-studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi ikan dua kali seminggu memiliki risiko 25% depresi lebih rendah daripada wanita yang tidak terlalu sering mengonsumsinya. Jika Anda tidak suka makan ikan, cobalah mengambil suplemen minyak omega-3 ikan sebagai gantinya.

(Sumber: health.com)

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,Video,1,
ltr
item
selarik.com: Mau Bahagia, Ini 24 Caranya yang Teruji secara Ilmiah
Mau Bahagia, Ini 24 Caranya yang Teruji secara Ilmiah
Mau Bahagia, Ini 24 Caranya yang Teruji secara Ilmiah
https://3.bp.blogspot.com/-_c0OFC3m3fc/WN7hoKsyRUI/AAAAAAAAANc/C4q0JSOGYkM_89viCYEORopiXJCa1LkiACLcB/s640/happiness-at-work.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-_c0OFC3m3fc/WN7hoKsyRUI/AAAAAAAAANc/C4q0JSOGYkM_89viCYEORopiXJCa1LkiACLcB/s72-c/happiness-at-work.jpg
selarik.com
https://www.selarik.com/2016/04/mau-bahagia-ini-24-caranya-yang-teruji.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2016/04/mau-bahagia-ini-24-caranya-yang-teruji.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy