Rusia: Uji Luncur Balistik Iran Tak Menentang Resolusi DK PBB 2231 | selarik.com

Rusia: Uji Luncur Balistik Iran Tak Menentang Resolusi DK PBB 2231

Uji luncur peluru kendali berkemampuan nuklir Iran tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, kata kantor berita Interfax mengutip pernyataan perwakilan Kementerian Luar Negeri Rusia, Rabu.

Rusia: Uji Luncur Balistik Iran Tak Menentang Resolusi DK PBB 2231
Foto: Iran TV

SELARIK.COM -  Uji luncur peluru kendali berkemampuan nuklir Iran tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, kata kantor berita Interfax mengutip pernyataan perwakilan Kementerian Luar Negeri Rusia, Rabu.

Amerika Serikat dan beberapa sekutunya di Eropa dalam surat bersama, yang dilihat Reuter, Selasa, menyebutkan bahwa peluncuran tersebut melanggar resolusi, yang disahkan dalam perjanjian nuklir bersejarah pada tahun lalu.

"Resolusi tersebut tidak melarang uji Iran itu," demikian laporan Interfax mengutip pernyataan kepala perwakilan Kemenlu Rusia Mikhail Ulyanov untuk departemen nonproliferasi nuklir dan pengendalian senjata.

Rusia telah sekali lagi menegaskan bahwa baru-baru ini tes rudal balistik Iran tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) mengadopsi Juli lalu.

Sementara itu, Amerika Serikat dan beberapa sekutu Eropa sedang menyusun sebuah pertemuan di Dewan Keamanan PBB (DK PBB) terkait tes rudal Iran baru-baru ini, yang mereka klaim "menyimpang dari" resolusi DK PBB.

Dalam sebuah surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Duta PBB Spanyol Roman Oyarzun Marchesi, AS, Inggris, Prancis, dan Jerman dilaporkan menyerukan diskusi guna menentukan "respons yang tepat" DK PBB terkait tes rudal Iran.

Dalam surat bersama mereka, empat negara tersebut mengklaim bahwa rudal yang digunakan dalam uji coba terakhir Iran yang "inheren mampu memberikan senjata nuklir" dan "tidak konsisten dengan" dan "menentang" Resolusi DK PBB 2231 sebagaimana diadopsi Juli lalu untuk mendukung perjanjian nuklir antara Iran dan kelompok negara P5 + 1.

Dalam sambutannya pada Rabu waktu setempat, Ulyanov mengatakan, "Setiap negara, terutama anggota Dewan Keamanan, dapat mengangkat isu ini. Negara manapun dapat menuliskannya kepada Dewan Keamanan. Tapi dalam kasus ini, kami tidak cukup memahami alasannya. Apakah seseorang suka atau tidak, fakta bahwa Iran meluncurkan rudal balistik adalah kasus terpisah. Yang benar adalah bahwa tidak ada kendala pada peluncuran tersebut di Resolusi [PBB] 2231, " sebagaimana dilansir Iran TV.

Resolusi 2231, yang mendukung Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), yakni perjanjian - Iran-P5 + 1 - menyediakan untuk pemutusan ketentuan sebelumnya resolusi Dewan Keamanan atas program nuklir Iran.

Pada 9 Maret, Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) berhasil menguji-tembak dua rudal balistik sebagai bagian dari langkah-langkah untuk menilai kemampuan IRGC. Rudal-rudal, dijuluki Qadr-H dan Qadr-F, ditembakkan selama latihan skala besar yang diberi nama kode Eqtedar-e-Wilayat. Iran menembakkan rudal balistik lain dijuluki Qiam dari peluncur berbasis silo di lokasi yang berbeda di seluruh negeri pada tanggal 8 Maret.

Iran berpendapat rudal tersebut bersifat defensif dan dirancang untuk membawa bahan peledak konvensional saja. AS, Inggris, Prancis, dan Jerman, bersama dengan China dan Rusia, anggota P5 + 1, mencapai kesepakatan nuklir dengan Iran setelah 22 bulan perundingan. Iran dan enam negara lainnya mulai menerapkan kesepakatan pada tanggal 16 Januari.

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,Video,1,
ltr
item
selarik.com: Rusia: Uji Luncur Balistik Iran Tak Menentang Resolusi DK PBB 2231
Rusia: Uji Luncur Balistik Iran Tak Menentang Resolusi DK PBB 2231
Uji luncur peluru kendali berkemampuan nuklir Iran tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, kata kantor berita Interfax mengutip pernyataan perwakilan Kementerian Luar Negeri Rusia, Rabu.
https://2.bp.blogspot.com/-x9kc5vMv2Kk/VvwJRKhc6pI/AAAAAAAABfc/QfkwfL7LyNMRIWdxLThl9M3BeqcX6OVuQ/s640/f9897e39-19b1-4036-8a9e-26c18be5297c.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-x9kc5vMv2Kk/VvwJRKhc6pI/AAAAAAAABfc/QfkwfL7LyNMRIWdxLThl9M3BeqcX6OVuQ/s72-c/f9897e39-19b1-4036-8a9e-26c18be5297c.jpg
selarik.com
https://www.selarik.com/2016/03/rusia-uji-luncur-balistik-iran-tak.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2016/03/rusia-uji-luncur-balistik-iran-tak.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy