Benarkah Mikrobiome Vagina Ibu dapat Tingkatkan Kesehatan Anak? | selarik.com

Benarkah Mikrobiome Vagina Ibu dapat Tingkatkan Kesehatan Anak?

Dalam berbagai kesempatan, orang tua kerap dihadapakan dengan pertanyaan yang jawabannya yang belum diketahui atau pun yang telah diketahui.

Benarkah Mikrobiome Vagina Ibu dapat Tingkatkan Kesehatan Anak?


Sebagai orang tua, kita semua menginginkan yang terbaik untuk anak-anak kita. Akata tetapi, tidak semua masalah yang muncul dapat terlihat dengan jelas. Dalam berbagai kesempatan, orang tua kerap dihadapakan dengan pertanyaan yang jawabannya yang belum diketahui atau pun yang telah diketahui. Meskipun dalam yang mendukung beberapa praktik (vaksinasi) terhadap orang lain yang (menjilat timbal cat) tak terbantahkan, sebagian besar keputusan berada pada diri orang tua masing-masing dalam menelaah bukti-bukti yang memadai dalam situasi di mana terlalu banyaknya pendapat. Hal tersebut pun berlaku dalam menentukan keputusan yang melibatkan pengembangan dan pemeliharaan microbiome anak.

Jika saya tidak bisa menyusui, haruskah saya menggunakan ASI dari bank susu daripada susu formula, meskipun proses pasteurisasi akan bermanfaat dalam membunuh setiap mikroba dan banyak senyawa lain yang juga bermanfaat?
Akankah microbiome anak saya meningkat dan risiko mereka terserang alergi berkurang saat menyelamatkan anjing atau kucing, atau jalan terbaiknya adalah tidak memiliki hewan peliharaan?

Haruskan membuang makanan yang telah jatuh menyentuh lantai atau makanan tersebut masih dapat dengan aman dikonsumsi, bahkan jika mereka telah berada di lantai untuk beberapa waktu?

Apakah lebih baik melakukan perawatan di rumah atau lebih buruk untuk microbiome anak saya jika berada di tempat penitipan anak dengan anak-anak lainnya, di mana mereka akan terpapar berbagai mikroba menguntungkan tetapi juga untuk patogen yang dapat membahayakan mereka?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat sulit diatasi ketika berbagai makalah yang diterbitkan memberikan satu bagian dari teka-teki, sementara itu banyak lain dari teka-teki tersebut yang hilang.

Sebuah editorial terbaru di The BMJ mendesak dokter terhadap "pembibitan vagina," proses penyekaan bayi yang baru lahir melalui operasi caesar (C-section) dengan mikroba dari vagina ibu mereka. Dalam editorial mereka, penulis mengomentari surat kabat Nature Medicine yang dilansir the-scientist.
Berdasarkan data dari percobaan pembibitan vagina sampai saat ini, penulis memperingatkan terhadap penggunaan pendekatan dengan alasan bahwa belum ada bukti yang cukup untuk merekomendasikan prosedur tersebut, dan yang lebih penting, karena berpotensi menimbulkan risiko yang terkait dengan penularan patogen.

Kami setuju bahwa, saat ini. Tapi, kita belum tahu banyak tentang kondisi yang berhubungan dengan C-section, termasuk laporan terkait meningkatnya alergi, asma, dermatitis atopik, dan bahkan sebuah asosiasi dengan autisme diagnosis yang menyatakan karena kurangnya paparan microbiome dari vagina sang ibu. Meski sampai saat ini, setiap mamalia yang masih hidup telah terkena penyakit-penyakit tersebut ketika mereka lahir. Namun, kita tidak akan tahu kecuali kita melakukan penelitian untuk mencari tahu.

Pada tahun 2010, sebuah kejutan besar muncul ketika rekan-rekan saya (peneliti) dan saya menemukan perbedaan yang jelas di microbiome saat lahir antara C-section dan bayi yang diseka dengan microbiome vagina si ibu. Atas dasar ini saja, setelah pasangan saya melalui C-section yang tidak direncanakan, anak saya yang baru lahir diberikan mikrobiome vaginal hingga bayi saya menerimanya secara alami, setelah segalanya berjalan sesuai rencana.
Surat kabar Nature Medicine kami tidak menetapkan modifikasi tahap akhir dari periode atau proses klinis, tetapi prosedur reseeding ini tidak menunjukkan bahwa adanya perubahan microbiome secara langgeng. Sekarang, kami perlu menentukan apakah prosedur tersebut meningkatkan tahap akhir dari periode atau proses klinis-dan  mungkin tidak. Setelah semua, sebagian besar dari ide-ide dalam ilmu pengetahuan salah, itulah sebabnya mengapa kita harus bergantung pada metode ilmiah daripada menebak. Tapi, pengalaman pribadi saya telah menunjukkan, di beberapa titik tertentu, hal tersebut perlu dilakukan untuk memutuskan apa yang akan Anda lakukan sebelum semua fakta-fakta atau informasi yang menunjukkan apakah suatu keyakinan atau proposisi benar atau valid terkuak. -Rob Ksatria

Untuk lebih jelasnya, jika seorang ibu memiliki hasil tes positif untuk setiap patogen yang dapat membahayakan anaknya, kita sepakat bahwa dokter tidak harus melakukan penyekaan dengan mikrobiome vagina. (Pengujian rutin untuk radang Grup B dan patogen lainnya yang berbasis bukti klinis diperlukan untuk menentukan apakah Anda harus menggunakan metode ini.) Namun, berdasarkan bukti tersebut pemberian microbiome ibu pada anak Anda saat lahir adalah penting, kami berpikir bahwa orang tua harus menentukan pilihan mereka sendiri, terkait bukti yang cukup evolusioner tersebut. Dan yang pasti, kata the scientist, pemberian mikrobiome vagina ibu bisa menjadi salah satu cara dalam menunjang kesehatan anak setelah dilahirkan dengan cara C-section.

Rob Knight merupakan profesor pediatri dan ilmu komputer di University of California, San Diego. Jack Gilbert merupakan  profesor bedah di University of Chicago.

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,Video,1,
ltr
item
selarik.com: Benarkah Mikrobiome Vagina Ibu dapat Tingkatkan Kesehatan Anak?
Benarkah Mikrobiome Vagina Ibu dapat Tingkatkan Kesehatan Anak?
Dalam berbagai kesempatan, orang tua kerap dihadapakan dengan pertanyaan yang jawabannya yang belum diketahui atau pun yang telah diketahui.
https://3.bp.blogspot.com/-gj8yglvN2bI/VtlXEw8NF6I/AAAAAAAABQc/CvHUObQgJjI/w640-h420/enhanced-6689-1447111133-1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-gj8yglvN2bI/VtlXEw8NF6I/AAAAAAAABQc/CvHUObQgJjI/s72-w640-c-h420/enhanced-6689-1447111133-1.jpg
selarik.com
https://www.selarik.com/2016/03/benarkah-mikrobiome-vagina-ibu-dapat.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2016/03/benarkah-mikrobiome-vagina-ibu-dapat.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy