Ada Samudera Berumur Pendek di Mars | selarik.com

Ada Samudera Berumur Pendek di Mars

Mars mungkin pernah memiliki laut - akan tetapi umurnya hanya sekejap mata, yang menempatkan dampener pada ide-ide yang ada atau kehidupan di Planet Merah tersebut.

stocktrek_getty

Berdasarkan teori baru Tim Parker dari NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, Mars mungkin pernah memiliki laut - akan tetapi umurnya hanya sekejap mata, yang menempatkan dampener pada ide-ide yang ada atau kehidupan di Planet Merah tersebut.

Teori terbaru tersebut dilansir Tim Parker di Konferensi Lunar dan Planetary Science di The Woodlands, Texas pekan ini. Selain hal tersebut, dia juga berpendapat bahwa rentetan berkelanjutan asteroid yang menghantam Mars mampu mengeluarkan air ke permukaan Mars, setidaknya untuk sementara.

Parker telah lama berpendapat bahwa ada pada satu titik (waktu) terbentuk samudera di setengah belahan bumi utara Mars. Menurut dia, hal tersebut telah tampak semakin mungkin karena mereka terus mempelajari planet tersebut. Salah satu tandanya adalah bahwa Mars saat ini penuh dengan sampah air di permukaannya. Dengan berbagai fitur geologi yang sulit untuk dijelaskan apakah planet tersebut selalu kering dan berdebu seperti yang kita lihat sekarang ini.

NASA’s Opportunity rover melihat adanya retakan poligonal, yang perlahan-lahan menyusuri planet merah tersebut selama lebih dari satu dekade. Jika di Bumi, hal tersebut membutuhkan penguapan dalam pembentukannya, sehingga Parker berpendapat bahwa retakan tersebut sebagai indikasi kuat bahwa rover telah melintasi sebuah tepi lautan yang pernah ada di Mars.

"Keseragaman permukaan (Peluang yang telah dilalui) - lebih dari 43 kilometer sekarang - jauh lebih mudah untuk menjelaskan pendangkalan laut," katanya.

Masalahnya adalah perjuangan untuk mengtahui model iklim Mars kuno guna mencocokkan kondisi yang diperlukan dalam menjaga air tetap berada di permukaan, yang akan membutuhkan suasana yang lebih tebal. Suasana ini harus, entah bagaimana, telah cepat hilang meninggalkan Mars seperti yang kita lihat hari ini.

"Pemboman Besar"

Sekarang, Parker bersama dengan rekan JPL Robert Anderson, mengatakan waktu yang penuh gejolak dalam sejarah tata surya dikenal sebagai "Pengeboman Besar", akhirnya bisa memberikan air tanpa perlu adanya perubahan besar di atmosfer. Selama periode ini, sekitar 4 miliar tahun lalu, rentetan asteroid diperkirakan telah bertabrakan dengan planet-planet.

Karena asteroid mengandung banyak air, asteroid-asteroid tersebut bisa membawanya ke Mars yang awalnya kering selama "pengeboman", kata Parker. Dampaknya akan menghangatkan planet ini juga.

"Ini adalah cara mudah untuk membangun laut di Mars, daripada harus menunngunya mulai keluar sebagai laut primordial yang dwindles dari waktu ke waktu."

Tetapi, karena iklim Mars tidak dilengkapi untuk menjaga air tetap ada, laut ini akhirnya membeku dan menghilang setelah hanya beberapa ratus juta tahun - meninggalkan potensi kehidupan yang sangat sedikit waktu untuk berkembang.

Pada akhirnya penelitian lebih lanjut dari kedua mineral dan formasi batuan di Mars akan diminta untuk memecahkan misteri masa lalu airnya, kata Devon Burr dari University of Tennessee, Knoxville.

"Tim selalu berpikir di luar kotak," katanya. "Ada berbagai cara pemanasan Mars dan mendapatkan air. Saya tidak tahu bagaimana akhir 'pengeboman besar'. Bagi saya, adalah konklusif."

[right-side]

COMMENTS

loading...
Nama

Berita,1,Dengar,15,Headline,79,Lihat,82,Rasakan,39,Video,1,
ltr
item
selarik.com: Ada Samudera Berumur Pendek di Mars
Ada Samudera Berumur Pendek di Mars
Mars mungkin pernah memiliki laut - akan tetapi umurnya hanya sekejap mata, yang menempatkan dampener pada ide-ide yang ada atau kehidupan di Planet Merah tersebut.
https://2.bp.blogspot.com/-9ZnoxKyoKtw/VvafIRkGUhI/AAAAAAAABZs/A70vtiy4VO4h44T9fj2FPpFY5aPqAXdEw/s640/A%2Bbombardment%2Bof%2Basteroids%2Bwould%2Bbring%2Bwater_stocktrek_getty.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-9ZnoxKyoKtw/VvafIRkGUhI/AAAAAAAABZs/A70vtiy4VO4h44T9fj2FPpFY5aPqAXdEw/s72-c/A%2Bbombardment%2Bof%2Basteroids%2Bwould%2Bbring%2Bwater_stocktrek_getty.jpg
selarik.com
https://www.selarik.com/2016/03/asteroid-mungkin-telah-lahirkan.html
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/
https://www.selarik.com/2016/03/asteroid-mungkin-telah-lahirkan.html
true
2356328394751081159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Hapus By Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua SARAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE CARI SEMUA Artikel Not found any post match with your request Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy